Senin, 10 Juni 2019

menu dan fungsi menu ms. excel


Mengenal Menu dan Fungsi Menu Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel adalah aplikasi pengelolahan angka, yang memudahkan kita unyuk mengerjakan beragam proses perhitungan data secara cepat, tepat dan otomatis. Karena pada Microsoft Excel memiliki kelengkapan fitur formulas dsn functions. Yang kita kenal dengan istilah rumus Excel.
Microsoft Excel mampu mengelola angka untuk fungsi matematika, statistika, keuangan dan lain sebagianya. Bahkan perhitungan gaji karyawan, baik dengan neraca maupun laporan keuangan.
1.       Menu dan Fungsi Menu Microsoft Excel 2010
a.       Menu File
·         Save              : Fungsinya untuk menyimpan data yang baru dibuat
·         Save As        : Fungsinya menyimpan file baru
·         Open             : Fungsinya untuk membuka file mIcrosoft Excel
·         Close             : Fungsinya untuk mrnurup lembar kerja pada microsoft Excel
·         Oftions         : Fungsinya Untuk mengatur lembar kerja
·         Exit              : Fungsinya untuk keluar dari Microsoft Excel
·         Info                                : Fungsinya sebagai informasi mengenai dengan lembar kerja yang kita kerjakan
·         Recent          : Fungsinya menampilkan file yang baru kita buka atau di simpan
·         New              : Fungsinya menambah kertas pada lembar kerja
·         Print              : Fungsinya menyetak file
·         Save & send: Fungsinya menyimpan dan mengirim file
·         Help               : Fungsinya digunakan jika ada terjadi masalah di ms. Excel atau pusat bantuan
b.      Menu Tab Home
·         Clipboard, terdiri dari beberapa icon :
( Paste: menletakkan/menempelkan file yang sudah di copy, Cut: memotong bagian file yang diinginkan, Copy: menyalin file, Format painter: menyalin format)

·         Font, terdiri dari beberapa icon:
( Font Style: pemilihan jenis huruf, Font Size: pemilihan ukuran huruf, Increase dan Decrease Font Size: memeperbesar dan mengecilkan huruf, Bold: menebalkan huruf, Italic: memeiringkanteks atau huruf, Underline: memberi garis bawah pada teks atau huruf, Bottom Border: memberi bingkai garis pada sel, Fill Color: memberi warna pada sel, Font Color: memberi warna pada huruf).
·         Alignment
( Top Align: untuk meletakkan teks ke atas, Middle Align: untuk meletakkan teks ke tengah, Bottom Align: untuk meletakkan teks ke bawah, Align Left: untuk rata kiri pada teks, Align Right: untuk rata kanan pada teks, Center: untuk meletakkan teks ke tengah, Orientation: untuk pengaturan kemiringan teks, Increase dan Descrease Indent: menambah dan mengurangi inden teks, Wrap Teks: mengatur ukuran sel sesuai dengan jumlah uruf atau kata, Marge & Center: penggabungkan sel).
·         Number
(Geberal: pemilihan untuk Format angka, Currency: pengaturan jenis mata uang, Percent: Persentase angka di suatu sel, Coma: pemberisn tsnds kosms di suatu sel, Increase dan Decrease Decimal: penambahan dan pengurangan angka decimal dibelakang koma,).
·         Style
( Conditional Formatting: menggondisikan format, Format As Table: mengatur format warna dan huruf, Cell Style: mengatur format warna dan huruf sel)
·         Cell
( Insert: penambahan sel, Delete: menghapus sel, Format: melakukan format sel).
·         Editing
( Autosom: jalan cepat untuk menjumlah angka, Fill: pembuatan pola angka, Clear: menghapus semua, Sort & Filter: pengaturan posisi data agar mudah di analisi, Find & Select: pencarian penyelesaian terhadap teks dalam worksheet).

                                                                                                          
c.       Menu Tab Insert
·         Tables
( Table: penambahan table, Table: membuat tabel).
·         Ilistration
( Picture: penambahan gambar yang ada di dokumen, Clip Art: penambahan gambar yang ada di komputer, Shape: penambahan bentuk yang kita inginkan, Smart Art: menyisipkan objek SmartArt).
·         Charts
( Colum:diggunakan untuk membuat grafik/penaambahan grafik, Line: penambahan grafik garis, Pie: Untuk penambahan garafik lingkaran, Bar: penambahan untuk grafik batang, Area:penambahan untuk garafik are, Scatter: penambahan untuk grafik distribusi, Other Charters: penyisipan grafik yang diinginkan).
·         Sparklines
( Line, Colum dan Win/Loss)
·         Filter berisi
( Links berisi Hyperlink: menyisipkan hyperlink pada lembar kerja, Text berisi Textbox: menyisipkan kotak teks, Header & Footer, Word Art: pembuatan bentuk-bentuk huruf, Signature Line: embuat garis tanda tangan, Objek: menyisipkan objek-objek tertentu).
·         Symbols
( Equations: terdapat macam-macam simbol yang berhubungan dalam bidang matematika, Symbol: terdapat karakter khusus).
d.      Menu Page Layout
·         Themes
( Theme: pengaturan temaa, Color: mengubah warna tema, Font: Mengubah huruf tema, Effect: Pengaturan efek tema).
·         Page Set Up
( Margins: pengubahan garis pinggir halaman, Orientaion: mengubah orientasi halaman, Size: Ukuran kertas, Print Area: Penetuan area yang akan di cetak, Breaks: pemisah halaman, Background: Gambar wallpaper, Print Title: Penentuan baris atau kolom yang akan dicetak).
·         Scale to Fit
( Width: Menetukan lebar kerja, Height: menetukan tinggi panjang kertas, Scale: memperbesar atau memperkecil tamilan kertas).
·         Sheet Option
( Gridllines: pengaturan garis grid pada kertas, Heading: pengaturan tampilan header).
·         Arrange
( Bring to Font: mengubah posisi objek ke depan, Send to Back: mengubah posisi objek ke belakang, Selection Pane: menampilkan papan seleksi, Align: meluruskan objek, Group: pengelompokan objek, Rotate: Menentuka posisi objek).
e.      Menu Tab Formulas
·         Fubction Library
( insert function: menyisipkan fungsi pada sel, Autosom: menampilkan hasil perhitungan sederhana, Recently Used: menampilkan fungsi yang baru digunakan, Financial: fungsi keuangan, Logical: fungsi logika, Text: Fungsi teks, Date & Time: tanggal dan waktu, Lookup & Reference: lookup dan keterangan, Math & Trig: matematika dan trigonometri, More Function: fungsi lain).
·         Defined Names
( Name Manager: pengaturan nama yang ada di workbook, Define Name:mrnrmukan gambar, Use in Formula: penyelleksian nama di workbook, Create From Selection: membuat namaa secara otomatis dari sel).
·         Formula Auditing
( Trace Precedents: memperlihatkan arah panah pada sel yang lain, Trece Dependents: memperlihatkan arah panah pada sel yang lain, Removw Arrows: menghilngkan paanah, Show Formulas: menampilkan semua formua, Eror Checking: pengecekan kesalahn pada formula, Evalute Formula: menampilkan hasil penilaian formula, Wtch Window:memantau sel).
·         Calculation
( Calculatin Option: menentukan format perhitungan, Calclate now: menghitung lembar kerja, calkulate sheet: menghitung lembar yang digunakan)

f.  Menu Tab Data
·         Get External Data
( From Acces: menyisipkan data, From web: Menyisipkan data dari web, from text: menyisipkan data dari teks, From other source: menyisipkan data dari sumber lain, Existing Conections: menyisipkan data dari sumber lain yang pernah digunakan.)
·         Conectins
( Refresh all: menyegarkan data, Conections: menampilkan semua koneksi data, Properties: melakukan spesifikasi data pada workbook, Edit links: melakukan pengaturan data dari file yang lain).
·         Sort & Filter
( Sort: system pengurutan, Sort A to Z: mengeurutkan dari A-Z, Filter: penyaringan sel, Clear: menghapus, Reapply: penyaringan kembali, Advanced: penyaringan spesifik).
·         Data Tools
( Text to column: memisahkan teks untuk menjadi kolom-kolom, Remove Duplicates: menhilangkan duplikasi, Data Validation: mencegah masuknya data yang tidah digunakan, Consolidate: menaytukan range, What if analysis: penganalisisan).
·         Qutiline
( Group: pengelompokan baris sel, Ungroup: memeisahkan sel, Subtotal: total baris yang berhubungan).

g. Menu Tab Review
·         Profing
( Speeling: pengecekan ejaan pada lembar kerja, Research: pencarian terhadap materi reference, Thesaurus: pemeberian saran terhadap sinonim).
·         Language
( Translate: penerjemahan).
·         Comments
( New Comment: membuat komentar, Delete: menghapus komentar, Previous: kembali ke komentar sebelumnya, Next: mekanjutkan komentar selanjutnya, Show/Hide Coment: menampilkan atau menyembunyikan komentar, Show all komentar:menapilkan semua komentar, Show ink: menampilkan/ menyembunyikan tina catatan).
·         Changes
( Protect sheet: melindungi lembar kerja, Protect workbook: melindungi buku kerja, Share workbook: membagi buku kerja, Protect and share workbook: melindungi dan membagi workbook, Allow user to edit ranger: membolehkan melakukan pengeditan, Track changes: menelusuri perubahan).

h. Menu Tab View
·         Workbook Views
( Normal: menampilkan dokumen normal, Page layout: mengatur tampilan baground worksheet, Page break Previw: menyimpan pengaturan tampilan, Full Screen: dokumen dalam layar penuh).
·         Show
(Ruler: penggaris pada komputer, Gridilines: garis grid, Formula bar: menampilkan atau menyembunyikan batang rumus, Headings: menampilkan atau menyembunyikan heading).
·         Zoom
( zoom: memperbesar tampilan, 100%: tampilan 100%, Zoom to selection: memperbesar tanpilan pada suatu bidang yang dipilih).
·         Window
( new window: membuka jendela baru, Arrange all: mengatur jendela agar sejajar, Freeze panes: membantu sebagian worksheet, Split: membagi jendela, Hide: menyembunyikan jendela yang dipilih, View side by side: menampilkan jendela sejajar, Synchronous scrolling: membantu 2 jendela menggulung secara serentak, Reset woidow position: mengatur ulang posisi jendela, Save workspace: menyimpan pengaturan tampilan jendela, Switch windows: penggantian jendela.
·         Macros
(Mcros: memperlihatkan macro dari dokumen).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip art & Watermark, Pageborders, footnote, Smartart, Comment

1.        Drop Cap Drop carp digunakan untuk membuat tampilan huruf di awal paragraf menjadi lebih besar dari huruf lainnya. Cara penggu...